Konsul Jenderal Zhang Min Melakukan Pertemuan dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho
2022-09-02 19:19

Pada tanggal 2 September 2022, Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan, Zhang Min melakukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ir. Arief Sudarto Trinugroho, MT dan melakukan pembahasan mengenai perkembangan hubungan Tiongkok – Indonesia serta kerja sama regional. Perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumut serta Ketua Harian Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU) Juswan Tjoe juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Konsul Jenderal (Konjen) Zhang Min mengucapkan selamat atas pelantikan Bapak Arief Sudarto Trinugroho sebagai Sekda provinsi Sumut, dan menyampaikan bahwa hubungan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok – Indonesia di bawah kepemimpinan bersama pemimpin kedua negara terus berjalan semakin dalam dan semakin kuat, serta memberikan kontribusi penting bagi kestabilan dan kemakmuran regional dan dunia. Tahapan pembangunan dua negara hampir sama, dengan kepentingan bersama yang saling terkait serta memiliki jalur gagasan serupa yang mementingkan masa depan, membangun komunitas Tiongkok dan Indonesia dengan masa depan bersama merupakan aspirasi dan harapan bersama dua bangsa. Presiden Joko Widodo pada bulan Juli tahun ini mengunjungi Tiongkok, dan melakukan pembahasan secara komprehensif dan mendalam dengan Presiden Xi Jinping mengenai hubungan dua negara dan isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama, dan mencapai serangkaian kesepakatan penting dengan hasil yang efektif.

Tahun ini menandai peringatan 20 (dua puluh tahun) terjalinnya hubungan provinsi kembar antara Provinsi Sumut dengan Provinsi Guangdong di Tiongkok, diharapkan kedua daerah akan mengambil kesempatan ini sebagai peluang baru untuk lebih memperdalam jalinan hubungan di bidang budaya dan ekonomi, serta meningkatkan kerja sama di bidang pertanian, pariwisata, olahraga dan berbagai bidang lainnya, dan memberikan kontribusi dalam membangun hubungan bilateral yang berkelanjutan.

Sekda provinsi Sumut Bapak Arief Sudarto Trinugroho mengucapkan terima kasih kepada Konjen Zhang yang telah memperkenalkan perkembangan terkini hubungan Tiongkok dan Indonesia, dan juga menyampaikan bahwa provinsi Sumut sangat menghargai hubungan pertukaran dan kerja sama dengan Tiongkok di berbagai bidang, dan diharapkan dapat bersama dengan Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan dan berbagai kalangan dalam mendorong provinsi Sumut untuk meningkatkan jalinan hubungan persahabatan dan realisasi kerja sama dengan daerah provinsi dan kota di Tiongkok termasuk provinsi Guangdong, dan saling membahu menciptakan masa depan yang lebih baik.