Konsul Jenderal Zhang Min Melakukan Pertemuan dengan Kapolda Sumut Irjen. Pol. R. Z. Panca Putra Simanjuntak
2022-12-06 23:15

Pada tanggal 6 Desember 2022, Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok di Medan, Zhang Min melakukan pertemuan dengan Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si., Ketua Harian Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Pusat, Dr. Indra Wahidin juga turut ikut mendampingi dalam pertemuan tersebut.


Konjen Zhang Min pertama-tama secara tulus mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian Daerah Provinsi Sumatera Utara (Polda Sumut) atas perlindungan keselamatan yang diberikan selama ini bagi Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan, perusahaan modal asal Tiongkok serta warga negara Tiongkok yang berada di provinsi Sumatera Utara, dan kemudian juga menyampaikan bahwa, dalam waktu beberapa tahun terakhir ini, di bawah kepemimpinan strategis dua kepala negara, hubungan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok – Indonesia terus semakin dalam, dan hubungan serta kerja sama dalam berbagai bidang berhasil membuahkan hasil yang bermanfaat. Dalam tahun ini, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo telah melakukan pertemuan sebanyak dua kali, dan ini mencerminkan level tingginya dan specialnya hubungan Tiongkok dan Indonesia. Belum lama ini, Partai Komunis Tiongkok berhasil menyelenggarakan Kongres Nasional ke-20, dan merumuskan tujuan, tugas dan kebijakan utama Tiongkok untuk pembangunan lima tahun ke depan serta periode yang lebih panjang lagi, Partai Komunis Tiongkok mempersatukan dan memimpin rakyat dari semua suku di Tiongkok untuk mendorong kebangkitan besar bangsa Tiongkok melalui modernisasi berkarakteristik Tiongkok yang tentunya akan memberikan lebih banyak peluang bagi dunia, dan juga akan membawa prospek pembangunan yang lebih luas bagi perkembangan hubungan Tiongkok – Indonesia. Konjen Zhang Min mengatakan bahwa Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan bersedia dengan semangat bersama saling menjaga dan saling membantu untuk terus bekerja sama dengan pihak Polda Sumut dalam memberikan bantuan sesuai kapasitasnya bagi para korban bencana di daerah Provinsi Sumut, dan secara aktif menjembatani jalinan kerja sama bidang kepolisian antara Polda Sumut dengan daerah provinsi serta kota terkait di Tiongkok.

Irjen. Pol. Panca Putra Simanjuntak mengucapkan selamat atas penugasan Konjen Zhang Min, dan pada kesempatan tersebut memperkenalkan upaya yang dilakukan oleh Polda Sumut selama ini dalam menjaga ketertiban sosial, memerangi kejahatan narkoba, penanggulangan pandemi covid-19, pemberian bantuan bencana dan pengentasan kemiskinan, diharapkan juga adanya lebih banyak perusahaan modal asal Tiongkok maupun warga negara Tiongkok yang datang untuk berinvestasi dan berwisata di daerah provinsi Sumut, dan pihak Polda Sumut bersedia untuk terus memberikan perlindungan dan bantuan kepada Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan, perusahaan modal asal Tiongkok dan warga negara Tiongkok yang datang untuk berinvestasi dan berwisata, dan diharapkan dapat melakukan komunikasi serta kerja sama di bidang kepolisian bersama dengan Tiongkok.