Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan Menggelar Resepsi Musim Semi Bersama Anggota Korps Diplomatik
2023-04-07 00:38

Pada tanggal 6 April 2023, Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan menggelar Resepsi Musim Semi bersama anggota Korps Diplomatik. Konsul Jenderal (Konjen) Zhang Min hadir dan menyampaikan kata sambutan, anggota Korps Diplomatik dari berbagai negara serta para Konsul Kehormatan di Medan juga ikut hadir dalam acara resepsi tersebut.

Konjen Zhang Min memperkenalkan kepada para tamu esensi dari Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis Tiongkok, esensi Sidang Parlemen “Dua Sesi” Tiongkok, visi komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia serta inisiatif pembangunan global, inisiatif keamanan global dan inisiatif peradaban global yang diusulkan oleh Presiden Xi Jinping. Beliau menyebutkan bahwa visi komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia menawarkan solusi Tiongkok untuk menghilangkan defisit keamanan di dunia, menyediakan kekuatan pendorong Tiongkok bagi dunia untuk mengatasi kesulitan dalam pembangunan, dan memberikan kearifan Tiongkok bagi dunia untuk menghindari konflik peradaban. Tiongkok senantiasa menjunjung tinggi visi komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, secara aktif mendorong pembangunan hubungan internasional tipe baru, menggalakkan nilai-nilai bersama seluruh umat manusia, mempercepat pembangunan kualitas tinggi inisiatif “Sabuk dan Jalan”, dan menyerukan kepada semua negara untuk bersama membangun dunia yang damai abadi, aman secara universal, sejahtera bersama, terbuka dan inklusif, bersih dan indah. Dengan bekerja secara bersama maka akan menghasilkan kekuatan yang besar, Tiongkok bersedia bersama dengan semua negara untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dan bersama membangun dunia yang lebih baik.

Mengenai Amerika Serikat yang mengizinkan Tsai Ing-wen untuk melakukan kunjungan “transit” dan melakukan pertemuan yang menarik banyak perhatian dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Kevin McCarthy, Konjen Zhang Min dengan tegas menekankan bahwa, prinsip satu Tiongkok adalah konsensus umum komunitas internasional dan norma dasar dalam hubungan internasional, yang juga merupakan premis dan dasar dalam jalinan dan pengembangan hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Amerika Serikat. Tindakan Amerika Serikat ini secara serius telah melanggar prinsip satu Tiongkok dan ketentuan dari Tiga Komunike (Pernyataan) Bersama antara Tiongkok dan Amerika Serikat, secara serius telah merusak kedaulatan dan integritas wilayah Tiongkok, dan telah mengirim sinyal yang sangat salah kepada pasukan separatis “kemerdekaan Taiwan”. Tiongkok dengan tegas menentang dan mengecam keras hal ini, dan akan mengambil langkat-langkah tegas untuk menjaga kedaulatan dan integritas wilayah Tiongkok. Masalah Taiwan adalah pokok dari kepentingan inti Tiongkok dan merupakan batasan garis merah pertama yang tidak boleh dilewati dalam hubungan Tiongkok dengan Amerika Serikat. Kami sekali lagi mendesak pihak Amerika Serikat untuk mematuhi prinsip satu Tiongkok dan ketentuan Tiga Komunike (Pernyataan) Bersama Tiongkok – Amerika, dan tidak melangkah lebih jauh ke jalan yang salah dan berbahaya.

Konsul Jenderal Malaysia di Medan, Aiyub Omar sebagai Kepala Korps Diplomatik mewakili seluruh konsul jenderal dan konsul kehormatan menyampaikan sambutan pendek, dan memuji visi komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dan tiga inisiatif global yang diusulkan oleh Presiden Xi Jinping, dan menyerukan kepada semua negara untuk melangkah ke arah jalan yang saling menghormati, pelaksanaan pembangunan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan

Konjen Zhang Min juga aktif berinteraksi dengan para tamu, dan suasana resepsi hangat dan bersahabat.