Konjen Zhang Min Menyampaikan Pidato di Universitas Prima Indonesia
2023-07-22 17:15

Pada tanggal 21 Juli 2023, Konsul Jenderal (Konjen) Tiongkok di Medan, Zhang Min memenuhi undangan untuk datang berkunjung dan menyampaikan pidato di Universitas Prima Indonesia (UNPRI). Istri Konjen, Madam Liu Yuqing beserta Dewan Penasehat UNPRI Bapak A U Lionggo, Wakil Rektor UNPRI Abdi Dharma, S. Kom, M. Kom dan sekitar 200 (dua ratus) lebih tamu menghadiri acara tersebut.

Dalam pidatonya, Konjen Zhang Min menitikberatkan pada pengenalan terhadap cetak biru agung mengenai pembangunan masa depan Tiongkok yang disusun oleh Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis Tiongkok, konsep komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, Inisiatif Pembangunan Global (Global Development Initiative / GDI), Inisiatif Keamanan Global (Global Security Initiative / GSI) dan Inisitaif Peradaban Global (Global Civilization Initiative / GCI), dan juga secara singkat memperkenalkan perkembangan terbaru dari hubungan kemitraan strategis komprehensif Tiongkok – Indonesia dan kemajuan hubungan dan kerja sama antara daerah dalam wilayah kerja konsuler dengan Tiongkok, serta menekankan bahwa kerja sama bidang budaya dan pendidikan merupakan aspek penting bagi kedua belah pihak untuk melakukan hubungan pertukaran bidang humaniora dan mendorong saling pengertian antar masyarakat dua negara. Konjen Zhang Min juga menantikan Universitas Prima Indonesia dapat bekerja sama dengan perguruan tinggi terkait di Tiongkok untuk mendirikan Institut Konfusius (Confucius Institute) sesegera mungkin.

Wakil Rektor UNPRI, Abdi Dharma, S. Kom, M. Kom menyampaikan bahwa, Universitas Prima Indonesia akan terus secara aktif mendorong kerja sama bidang budaya dan pendidikan antar dua negara, dan membina lebih banyak talenta bilingual yang unggul.

Konjen Zhang Min juga secara aktif berinteraksi dengan para dosen dan mahasiswa yang hadir di lokasi acara, dan juga menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para tamu.